Minyak kelapa asli 100ml - minyak klentik - minyak kelapa murni - minyak kelapa vco

Sudah sejak lama kelapa digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan manfaat dari kelapa yang sangat banyak (multifungsi).


PERANAN KELAPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pohon kelapa memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya. Salah satu contohnya adalah ar kelapa. Biasanya, air kelapa digunakan sebagai minuman segar, pembuat cuka, penawar racun, dan pencegah demam. Selain itu air kelapa juga diyakini sebagai penawar saat makan makanan laut, seperti kupang. Batang pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai tiang penyangga dalam pembuatan rumah, sedangkan daunnya sering digunakan untuk membuat hiasan pada acara pernikahan (resepsi pengantin).

minyak kelapa murni


minyak kelapa murni

Bagian pohon kelapa yang memiliki manfaat adalah buahnya. Sejak berabad-abad tahun yang lalu, buah kelapa sudah digunakan sebagai mekanan utama. Pada masyarakat Indonesia, kelapa memang sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dipedesaan atau diperkotaan. Buah kelapa sering digunakan sebagai bumbu masak yang mempunyai kelezatan yang tidak disangsikan lagi. Salah satu contohnya, buah kelapa dibuat sebagai santan dan minyak goreng. Cara penyajiannya pun beragam. Ada yang disajikan sebagai hidangan utama, campuran sayur, bumbu, maupun minuman.


Untuk mendapatkan buah kelapa, tidaklah sulit. Apalagi di Indonesia, pohon kelapa sangat berlimpah sehingga tidak heran jika Indonesia adalah produsen kelapa terbesar kedua setelah Filipina.


APA ITU MINYAK KELAPA MURNI (VCO)

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/ySlU5t5iz5U" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>


Minyak Kelapa Murni (VCO) adalah merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa. Tanaman kelapa banyak tumbuh di daerah tropis sehingga minyaknya disebut juga minyak tropis (tropical oil). Sejak zaman dahulu, minyak kelapa sudah banyak digunakan. Namun dalam dekade 90-an, minyak kelapa hilang dari peredaran. Hal ini dikarenakan adanya perang dagang antara produsen minyak jagung, minya kedelai, dan minyak kanola dari negara barat dengan produsen kelapa yang berasal dari negara tropis.


Dengan menyebarkan isu negatif bahwa minyak kelapa sebagai sumber penyakit. Banyak pakar gizi yang tidak mampu membantah isu itu sehingga minyak kelapa ditakuti dan dijauhi banyak orang. Pada masyarakat pedesaan, minyak kelapa (klenthik) sering digunakan untuk menggoreng atau dikonsumsi bagi ibu hamil menjelang persalinan. Hal ini dimaksudkan agar persalinannya lancar. Selain itu, minyak kelapa juga digunakan untuk memijat, mengerik, dan melembutkan rambut. Minyak kelapa juga sering digunakan untuk campuran minyak telon dan minyak cem-ceman (minyak rambut). Yang paling menakjubkan adalah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Walaupun peran minyak kelapa sangat besar dalam kehidupan manusia, tidak semua orang menyukai kehadirannya. Hal ini dikarenakan isu negatif yang telah banyak beredar bahwa minyak kelapa dapat menyebabkan kolesterol, jantung, kegemukan, dan jerawat. Kandungan asam lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa divonis sebagai penyebabnya.

Beberapa ahli nutrisi mengatakan bahwa asam lemak jenuh dapat membentuk plak di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Padahal, tidak hanya minyak kelapa yang mengandung asam lemak jenuh, tetapi juga pada minyak sayur yang biasa digunakan untuk menggoreng. Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua lemak jenuh berbahaya?


Perlu diketahui bahwa lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa adalah lemak jenuh dengan rantai sedang dan pendek. Lemak jenuh dengan rantai sedang dan pendek sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Justru pada minyak sayur terdapat minyak jenuh dengan rantai panjang sehingga sulit dipecah. Dengan demikian, dapat menimbulkan penumpukan yang menyebabkan penyumbatan. Contohnya pada minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak jagung.

Sejarah sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa tidak mengganggu kesehatan. Sudah bertahun-tahun lamanya, dalam masyarakat tradisional, khususnya didaerah tropis, seperti Indonesia, mengkonsumsi minyak kelapa. Contoh lainnya, di Amerika Tengah, khusunya masyarakat Panama meminum segelas minyak kelapa untuk mengatasi penyakit.


KELEBIHAN MINYAK KELAPA MURNI (VCO)

Menurut guru besar Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. Walujo S. Soejobroto Msc., SpG (K), minyak kelapa sebenernya memiliki banyak kelebihan, 50% asam lemak pada minyak kelapa adalah asam arut dan 7% asam kapriat. Kedua asam tersebut merupakan asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah dimetabolisir dan bersifat antimikroba (antivirus, antibakteri, dan antijamur) sehingga dapat meningkatkan imun tubuh dan mudah diubah menjadi energi.

Dalam tubuh asam laurat  menjadi monolaurin, sedangkan asam kapriat menjadi monokaprin. Selain itu, ternayata hasil pecahan minyak jenuh rantai sedang jarang disimpan sebagai lemak dan jarang menumpuk di pembuluh darah. Minyak kelapa memiliki kadar asam lemak tidak jenuh ganda omega-three eicosa-penta-einoic acid (EPA) dan docasa-hexaenoic acid (DHA) yang dapat menurunkan very low density lipoprotein (VLDL) dan viskositas darah, menghambat tromboksan, serta mencegah penyumbatan pembuluh darah.


Asam lemak pada minyak kelapa banyak mengandung MCFA (Medium chain fatty acid) yang berfungsi memperbaiki asam lemak tubuh secara sinergis dengan asam lemak esensial. Dengan mengkonsumsi MCFA, bisa meningkatkan efisiensi asam lemak esensial sebesar a hundred%. Kandungan MCFA juga sama seperti air susu ibu (ASI), yaitu memberi gizi dan melindungi tubuh dari penyakit menular dan penyakit degeneratif.


Berbagai kelebihan yang dimiliki minyak kelapa membuat nenek moyang kita secara turun-temurun menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata, mereka tidak terbukti menderita penyakit apapun. Oleh karenanya, mengkonsumsi minyak kelapa baik untuk kesehatan tubuh.


*artikel ini kami ambil dari buku Taklukkan Penyakit dengan VCO


Bagikan informasi tentang Apa Itu Minyak Kelapa Murni? Mengenal Minyak VCO kepada teman atau kerabat Anda

Pengunjung