Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Yang Baik dan Benar | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat dan contoh abstrak biasanya mendeskripsikan suatu penelitian secara singkat dan sistematika yang dimulai dari nama peneliti, nomor pokok/induk mahasiswa jika si peneliti seorang mahasiswa, judul penelitian, rumusan masalah, teori-teori, metode penelitian, variabel, sumber data, hasil pengujian, dan simpulan dari hasil penelitian tersebut, terus abstrak juga merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan. Abstrak atau abstraksi pada penelitian adalah suatu gambaran atau bayangan yang menceritakan tentang alur dari suatu penelitian yang ditulis oleh peneliti agar para pembaca dapat memahami secara singkat inti dari penelitian tersebut.

Manfaat Abstrak diantaranya adalah memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen bisa menghemat waktu pembaca, hingga bisa menyimpulkan melanjutkan membaca atau tidak, menghindari terjadi duplikasi tulisan.
Di bawah ini adalah Salah satu Contoh Abstrak Skripsi Penelitian Tindakan Kelas 

ABSTRAK 
Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA 
(Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Lingkungan di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 
Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) 
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Kampus Tasikmalaya
LAMBUNG ANDA BERMASALAH ?
INI SOLUSINYA !!!
HERBAL ORGANIK INI TERBUKTI AMPUH  
ATASI MASALAH LAMBUNG, INSYAALLOH
Contact Person / WhatsApp 085223438118
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan komik sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang rencana pembelajaran, mengelola proses pembelajaran, peningkatan sikap ilmiah siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran menggunakan media komik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari Elliot. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IIIA sebanyak 22 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2008-2009 antara bulan Nopember 2008 s.d Januari 2009. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. 
Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan sikap berpikir bebas. Adapun hasil penelitian terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media komik telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Tetapi, masih ada faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu bekerja secara kelompok dan kemampuan siswa membuat kalimat tanya masih kurang. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu membuat kalimat tanya yang baik dan benar serta siswa dilatih agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.

Catatan
Dalam Petunjuk Penulisan/biasa disebut Juknis Abstrak ini adalah Pertama, isi tidak boleh lebih dari 1 halaman, paragraphnya menggunakan 1 spasi dan maksimal 250 kata.

Demikianlah Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Yang Baik dan Benar serta Terlengkap ini semoga menjadi referensi atau sekedar mendatangkan ide bagi pembaca, Insyallah dilain waktu dan kesempatan contohnya penulis tambahin lagi, biar lebih mantap.
  
Baca Juga Contoh-contoh Penulisan Skripsi Penting Lainnya :
Contoh-Contoh Judul Skripsi Pendidikan

Contoh Penulisan Kaper Skripsi
Contoh Penulisan Abstrak Skripsi PTK
Contoh Penulisan Artikel Skripsi
Contoh Penulisan Lembar Pengesahan
Contoh Penulisan Lembar Pernyataan Skripsi
Contoh Penulisan Lembar Persembahan Skripsi
Contoh Penulisan Kata Pengantar Skripsi
Contoh Penulisan Daftar Isi Skripsi
Contoh Penulisan Daftar Tabel Skripsi
Contoh Penulisan Daftar Gambar Skripsi
Contoh Penulisan Daftar Lampiran Skripsi
Contoh Penulisan Daftar Pustaka Skripsi
Contoh Penulisan Proposal Skripsi PTK
Contoh Tugas Akhir D2 PGTK
Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat
Contoh Penulisan Latar Belakang Masalah  Skripsi PTK
Contoh Draft Skripsi Pengaruh Anggaran
Contoh Teknik Menganalisis Skripsi yang Baik
Contoh Penulisan Agenda Kegiatan Penyusunan Skripsi

Baca Juga Artikel Yang Lainnya :
- Kumpulan Makalah Pendidikan
- Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
- Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana
- Berbagi Contoh Surat Proposal & Makalah
- My Arsip Plus
- Info Harga Sekitar Tasik
- Kumpulan Artikel Islam

Pengunjung