Makalah Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial | Pengembangan Pendidikan IPS SD..!!

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

B.     Rumusan Masalah
Pengetahuan Sosial merupakan usaha mempelajari, menelaah dan mengkaji kehidupan sosial manusia di muka bumi ini.  Oleh karena itu, Pengetahuan Sosial merupakan pengetahuan praktis yang dapat diajarkan sejak tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas masalah seberapa besar manfaat dan tujuan IPS di Sekolah Dasar.
C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini diantaranya adalah:
  1. Mengetahui hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial.
  2. Mengetahui manfaat dan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial SD
  3. Memenuhi Salah satu tugas mata kuliah “Pengembangan Pendidikan IPS SD”

D.    Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini yaitu dengan menggunakan metode telaah pustaka dan pencarian website di internet.

E.     Sistematika Penulisan
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I  PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Perumusan Masalah
    3. Tujuan Penulisan
    4. Metode Penelitian
    5. Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
B.     Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
C.     Manfaat Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengetahuan sosial merupakan kajian (pembelajaran) yang pokok-pokoknya berkaitan langsung dengan organisasi dan perkembangan masyarakat, dan manusia sebagai anggota masyarakat.  Fenton (dalam Tjipto Sumadi: 1999) menambahkan bahwa: “social studies not a single discipline but a group related fields including political science, economics, sociology, anthropology, psychology, geography, and history”.  Pengetahuan Sosial bukan disiplin (ilmu) tunggal, melainkan sebuah kelompok bidang-bidang studi yang berkaitan, meliputi ilmu politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi, geografi, dan sejarah. Dengan demikian Pengetahuan Sosial merupakan kajian terhadap fenomena sosial dengan pendekatan inter- disipliner (inter-diciplinary approach). Seperti disimpulkan oleh Tjipto Sumadi & M Jafar (1999) bahwa Pengetahuan Sosial merupakan pengajaran yang selalu berkenaan dengan kehidupan nyata di masyarakat, yaitu kegiatan usaha yang dilakukan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhannya, mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, dan untuk memajukan kehidupannya. Dengan kata lain, Pengetahuan Sosial merupakan usaha mempelajari, menelaah dan mengkaji kehidupan sosial manusia di muka bumi ini.  Oleh karena itu, Pengetahuan Sosial merupakan pengetahuan praktis yang dapat diajarkan sejak tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

B.     Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
Tujuan utama Ilmu Pengetahuan Sosial ialah untuk mengembangkan potensi  peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi   sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Tujuan tersebut dapat dicapai manakala program-program pelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut (Awan Mutakin, 1998).
1.      Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
2.      Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
3.      Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
4.      Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
5.      Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.
Menurut Depdiknas, 2003. Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai tujuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan melalui pendekatan paedagogis dan psikologis.
2.      Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial.
3.      Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.      Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan kompetensi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional, maupun global.


C.    Manfaat Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Jadi, Pengetahuan sosial mempunyai manfaat untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan siswa agar dapat menganalisis kondisi sosial masyarakatnya yang direfleksikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajarai kehidupan sosial yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, tata negara dan sejarah.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.   Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Manfaat dari Ilmu Pengetahuan Sosial adalah untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan siswa agar dapat menganalisis kondisi sosial masyarakatnya yang direfleksikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

B.     Saran
Agar manafaat dan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat tercapai, maka seorang guru harus bisa mewujudkan manfaat dan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut dengan menggunakan contoh-contoh dan alat pelajaran yang relevan dengan tingkat dan perkembangan anak didik, pada saat melaksanakan proses pembelajaran.


DAFTAR PUSTAKA


Depdiknas. 2006. Panduan Pengembanagan Pemebelajaran IPS Terpadu. Jakarta
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Pengetahuan Sosial SD-SMP. Jakarta
Team Dosen Pengajar IPS. 2006. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Sekolah Dasar. UPI Kampus Tasikmalaya.





 

Pengunjung