Makalah Metode Demonstrasi Pada Pelajaran Matematika | Pengertian | Kelebihan dan Kelemahan..!!

Metode Demonstrasi

1. Pengertian
Metode demonstrasi adalah pertunjukan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata atau tiruannya. 

2. Teori yang Mendukung
§ Teori Ausuble
Teori ini dikenal dengan belajar bermakna dan pentingnya pengulangan sebelum pelajaran dimulai. Teori ini membedakan antara belajar menemukan dan menerima. Ausuble mengemukakan bahwa metode ekspository adalah metode mengajar yang paling baik dan bermakna. Hal ini ia kemukakan berdasarkan hasil penelitiannya. Belajar menerima maupun menemukan sama-sama dapat berupa belajar menghafal atau bermakna

3. Hal-hal yang Harus Diperhatikan
a. Guru harus mampu menyusun rumusan tujuan instruksional, agar dapat memberi motivasi yang kuat pada siswa untuk belajar.
b. Teknik yang dipilih mampu menjamin tercapainya tujuan yang telah anda rumuskan.
c. Amatilah apakah jumlah siswa member kesempatan untuk suatu demonstrasi yang berhasil, bila tidak anda harus mengambil kebijakan lain.
d. Apakah anda telah meneliti alat–alat ada bahan yang akan digunakan mengenai jumlah, kondisi, dan tempatnya. Juga anda perlu mengenal baik – baik, atau telah mencoba terlebih dahulu ; agar demonstrasi itu berhasil.
e. Harus sudah menentukan garis – garis besar langkah – langkah yang akan dilakukan
dalam demonstrasi.
f. Apakah tersedia waktu yang cukup, sehingga dalam proses demonstrasi anda dapat memberikan keterangan bila perlu, dan bila ada Siswa yang bertanya.
g. Selama demonstrasi berlangsung guru harus memberikan kesemparan pada siswa untuk mengamati dengan baik dan bertanya apabila ada yang tidak dimengerti oleh siswa tersebut.
h. Anda perlu mengadakan evaluasi apakah demonstrasi yang anda lakukan itu telah berhasil dan apabila belum berhasil perlu dilakukan demonstrasi ulang.

4. Kelemahan dan Kelebihan
a. Kelemahan
§ Derajat visibilitasnya kurang, peserta didik tidak dapat melihat atau mengamati keseluruhan benda atau peristiwa yang didemonstrasikan, kadangkadang terjadi perubahan yang tidak terkontrol
§ Diperlukan alat-alat yang khusus
§ Diperlukan pemusatan perhatian
§ Memerlukan banyak waktu sedangkan hasilnya kadang- kadang minimum
§ Kadang-kadang yang didemonstrasikan di dalam kelas berbeda jika proses itu didemonstrasikan dilingkungan nyata
§ Diperlukan ketelitiandan kesabaran.
§ Tidak semua hal dapat didemonstrasikan di dalam kelas

b. Kelebihan
§ Perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti.
§ Dapat membimbing peserta didik ke arah berpikir yang sama dalam satu saluran pikiran yang sama
§ Ekonomis dalam jam pelajaran di sekolah dan ekonomis dalam waktu yang panjang
dapat diperlihatkan melalui demonstrasi dalam waktu yang pendek
§ Dapat mengurangi, kesalahan-kesalahan bila dibandingkan dengan hanya membaca atau mendengarkan, karena murid mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya
§ Karena gerakan dan proses dipertunjukan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang
banyak
§ Beberapa persoalan yang menimbulkan pertanyaan atau keraguan dapat diperjelas pada waktu
proses demonstrasi.

Pengunjung