Contoh Penulisan Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian pada Proposal Skripsi PTK

Contoh Penulisan Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian pada Proposal Skripsi PTK

D. TUJUAN PENELITIAN DAN MANFAAT PENELITIAN

a. Tujuan Penelitian
1) Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran pada pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.
2) Meningkatkan proses pelaksanaan penggunaan media kancing berwarna dalam pelajaran matematika tentang tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.
3) Meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media kancing berwarna.

b. Manfaat Penelitian
1) Manfaat Teoritis
a) Untuk pengembangan keilmuan dibidang pembelajaran Matematika
b) Untuk menambah khasanah kajian ilmiah dalam pengembangan media pembelajaran.
2) Manfaat Praktis

a) Manfaat Bagi Siswa
Manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh siswa dapat berupa adanya motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika karena menggunakan media sehingga lebih menarik minat siswa. Dengan menggunakan media yang lebih konkret diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang berkenaan dengan penjumlahan bilangan bulat yang menjadi salah satu indikator meningkatnya pemahaman siswa pada pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.

b) Manfaat Bagi Guru
Penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk mengetahui kemampuannya melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan media kancing berwarna sekaligus mengetahui keefektifitasan media kancing berwarna dalam menyelesaikan soal matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.

c) Manfaat Bagi Lembaga/sekolah
Bila penelitian ini selesai dilaksanakan disekolah, dalam hal ini SD Negeri 2 Cihaurbeuti dapat mengambil manfaat dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dan dapat dijadikan sebagai masukkan data serta rujukan dalam mengambil suatu keputusan dalam proses pembelajaran di masa yang akan datang.

Pengunjung