Makalah PAI Tentang Memaknai Gerhana Bulan Total | Merupakan Salah Satu Tanda Kebesaran Allah | Manfaat Rasa Takut..!!

Renungan GBT Rabu 8 Oktober 2014 “MARI MENJAGA RASA ‘TAKUT ITU ‘

Oleh Ustadz Taimullah Assaabiq

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ - عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو الأَنْصَارِيِّ الْبَدْرِيِّ - - رضي الله عنه - قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - : (( إنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ , يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِمَا عِبَادَهُ , وَإِنَّهُمَا لا يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ مِنْ النَّاسِ . فَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهَا شَيْئًا فَصَلُّوا , وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ )) .

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Yunus dari Al Hasan dari Abu Bakrah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan keduanya tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Akan tetapi dengan peristiwa itu Allah Ta'ala ingin membuat para hamba-Nya takut (dengan siksa-Nya)."

Emosi takut salah satu emosi penting dalam kehidupan manusia. Emosi takut merupakan keadaan gelisah luar biasa yang meliputi seluruh diri seseorang. Emoasi ketakutan dibarengi dengan banyak perubahan yang terjadi dalam fungsi fungsi fisiologis perasaan, paras wajah, tekanan suara dan kondisi tubuh.
Takut membantu manusia dalam memelihara dirinya dari bahaya bahaya yang mengancam dengan takut ini membantunya melestarikan kehidupan. 
Bagi manusia beriman, manfaat rasa takut tidak hanya terbatas unutk menjaga manusia dari berbagai bahaya yang mengancamnya dalam kehidupan duniawi semata. Tetapi yang utama adalah mendorong seseorang mukmin untuk memelihara dirinya dari azab Allah di akhirat kelak. Rasa takut dari azab Allah akan mendorong seorang mukmin untuk berusaha tidak terjatuh dalam makshiat dan berpegang teguh dengan ketakwaan serta disiplin dalam beribadah kepadaNya.
Jadi gerhana bukan untuk mereka yang rasa takutnya duniawi seperti rasa takut akan miskin, takut akan mati, takut kehilangan jabatan dsb. Keimanan yang benar kepada Allah setidaknya setelah gerhana Rabu ini - akan melepaskan manusia beriman dari rasa takut akan miskin, takut akan mati, takut kehilangan jabatan, takut dicemooh munafiq karena istiqomah di jalanNya dsb. Semoga

Pengunjung