Mulianya Negeri Yaman

Sahabat adin blog yang saya cintai kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu negeri di timur tengah, yaitu Negeri Yaman, yang mana negeri ini salah satu negeri di Jazirah Arab berdekatan dengan Saudi Arabia ini mempunyai beberapa kisah diantaranya pertama Raja Abrahah yang mau menghancurkan Ka'bah di Negeri Makkah namun dikalahkan oleh segerombolan burung kepunyaan yang punya Ka'bah yang membawa batu dari tanah yang dibakar, kisah ini diabadikan di dalam Al-Quran surat al-Fiil, kemudian  yang kedua ada kedekatan sejarah antara Indonesia dengan Yaman, jadi agama Islam yang ada di Indonesia itu disebarkan diantaranya lewat perdagangan dari bangsa Arab diantaranya Bangsa Yaman ini.

Negeri Yaman mempunyai sejarah sangat baik, sangat dekat dengan perkembangan ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. pada waktu itu. Buktinya banyak sekali redaksi hadits Rasulullah SAW, yang isinya membahas mengenai Negeri Yaman ini. 
Hadits yang pertama yaitu 
Artinya :
Dari Jubair bin Muthim, berkata: Suatu ketika kami bersama Rasulullah disuatu jalan antara Makkah dan Madinah, maka berkata Rasulullah : Hampir-hampir saja Bangsa Yaman Melebihi kalian, seakan-akan mereka seperti gumpalan awan, mereka adalah sebaik-baik penduduk bumi. (HR. Imam Ahmad, Imam Bukhori, Imam Al-Baihaqi dishohihkan oleh Imam Al-Albani)
Hadits yang kedua yaitu 
Artinya :
Dari sahabat Zaid bin Tsabit bahwasannya Nabi mengarahkan pandangannya ke arah Negeri Yaman, kemudian Beliau berkata Ya Allah jadikanlah dihati mereka kelapangan dalam menerima Islam. 
(HR. Tirmidzi)
Hadits yang ketiga yaitu 
Artinya :
Dari Abu Huroiroh berkata, Rasulullah SAW bersabda : Penduduk Negeri Yaman telah datang kepada kalian, mereka adalah orang-orang yang paling lembut hatinya, iman itu ada pada yaman dan hikmah ada pada yaman. (HR. Bukhari Muslim),
Dalil yang ke empat yaitu :
Artinya : "Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) ditempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun disebelah kanan dan disebelah kiri, (kepada mereka dikatakan), makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya, (Negerimu) adalah negeri yang baik dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Pengampun.(QS. Saba' : 15)

Tenang pembaca artikel ini Masih ada kelanjutannya...

Pengunjung