Makalah Tentang Infaq Serta Jenis-Jenisnya..!!


يا رسول الله ماذا ننفق من اموالنا وعلى من ينفقرن
maka turunlah QS. Al- baqoroh:215
Artinya mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." dan apa saja kebaikan yang kamu buat, Maka Sesungguhnya Allah maha mengetahuinya.

Munasabah  Ayat
Ayat yang lalu (2: 214), menerangkan bahwa memperjuangkan Al quran dan Assunah, menolong agama Allah pasti mengalami kesulitan dan memerlukan pengorbanan. 

Bukti menolong agama Allah adalah sikap rela berkorban demi agamaNya. Bentuk pengorbanan itu diantaranya dengan harta. Sehingga  dalam QS. Al- Baqoroh : 215 di doronglah kaum muslimin untuk berinfaq.

Kandungan Ayat
1. Jenis harta yang diinfaqkan.
Jenis harta yang diinfaqkan adalah  alkhoir

Firman Allah yang artinya:
“Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, Berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnya secara ma'ruf, (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa.” ( Al- Baqoroh : 180 ).

Al- Khoir artinya :Harta yang diinfakkan itu harus memberikan kebaikan kepada si pemberi, penerima, dan kaum muslimin.

Rasulullah bersabda :

ياءت احدكم بما يملك فيقول هذه صدقة ثم يقعد يتكفف الناس خير الصدقة ما كان عن ظهر غنى

“Ada salah seoyang  diantara kamu yang datang dengan membawa apa yang dimilikinya seraya berkata, ini adalah sedekah. Tetapi setelah itu dia menengadahkan tangannya meminta- minta kepada orang lain. Sebaik- baik shodaqoh adalah yang lebih dari kebutuhan”. ( HR. Abu Dawud )
 
Firman Allah yang artinya:
 “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, Padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS. Al- Baqoroh : 195 )



Firman Allah yang artinya:
“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun”.( QS. Al- Baqoroh : 263 )

Firman Allah yang artinya:
“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al- Baqoroh : 195 )

2. Sasaran Infaq :
    - Orang tua.
    - Kerabat
    - Anak- anak Yatim
    - Orang- orang miskin
    - Orang yang sedang dalam perjalanan, dan
    - Orang yang terikat dirinya di jalan Allah

Firman Allah yang artinya:
“(Berinfaqlah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang Kaya karena memelihara diri dari minta-minta. kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), Maka Sesungguhnya Allah Maha Mengatahui.” (QS. Al- Baqoroh : 273 )

3. Jaminan Allah terhadap para munfiq
Artinya: "dan apa saja kebaikan yang kamu buat, Maka Sesungguhnya Allah maha mengetahuinya”. (QS. Al- Baqoroh : 215 )

Firman Allah yang artinya
:"perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui".(QS. Al- Baqoroh : 261 )
                                   

Pengunjung