Makalah Pendidikan | Bahasa Indonesia | Teori Surat Menyurat & Ejaannya..!!

Pada postingan kali ini, sekarang admin akan membahas sedikit sebuah Makalah Bahasa Indonesia yang berisi Teori Surat Menyurat & Ejaan ini sangat penting buat semua kalangan karena memang saya rasa semua orang membutuhkan pengetahuan mengenai hal ini.

                                                            PEMBAHASAN TEORI

2.1 Pengertian Surat
Surat bisa diartikan sebagai suatu berita yang dikirim atau diterima dalam bentuk tulisan yang terdiri dari berbagai bagian

2.2 Jenis Surat
Jenis surat ada berbagai macam contohnya surat keluar yang akan di bahas lebih lanjut. Sedangkan arti dari surat keluar itu sendiri adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak atau badan tertentu untuk kepentingan tertentu.

2.3 Fungsi Surat
Salah satu fungsi dari surat keluar adalah untuk pemberitahuan

2.4 Bagian-Bagian Su rat
Bagian-bagian terpenting dalam surat yaitu :
  1. Kepala Surat
  2. Tanggal Surat
  3. Alamat
  4. Penulisan Salam
  5. Isi
  6. Nama Pengirim
  7. Tembusan
  8. Inisial
2.5 Arti Surat Keluar
Surat yang dikeluarkan oleh pihak tertentu dan untuk tujuan tertentu, yang sifatnya bisa mengundang, mengajak, ataupun pemberitahuan dan lain-lain.

                                                        PEMBAHASAN & ANALISIS

3.1 Analisis Ejaan
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-60 maka kami menghimbau kepada Bapak-bapak, Ketua Rt, Ketua RW, Ketua DKM, Kepala Dusun dan para Pengurus BPD serta Ketua MUI dan para Alim Ulama dan para Tokoh masyarakat untuk mengajak segenap lapisan masyarakat agar membersihkan jalan-jalan serta tempat ibadah.

Selanjutnya agar pagar-pagar yang ada di pinggir jalan baik jalan PUK maupun jalan desa atau jalan kampong harus dibersihkan kalau bisa dilabur atau di cat kembali, serta diharuskan memasang Bandir, Umbul-umbul, Kaca-kaca dan lain sebagainya.

Pemasangan Bandir, Umbul-umbul dan lain sebagainya dimulai dari sekarang kecuali untuk pemasangan Bendera Merah Putih dimulai pada tanggal 15 Agustus 2005 s/d 21 Agustus 2005.

Himbauan ini harap dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap Hari Besar Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-60.

Demikian himbauan ini kami buat dan kami sampaikan atas partisipasi dan perhatiannya kami ucapan terima kasih.
3.2 Penyusunan Kalimat
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-60 maka kami menghimbau kepada seluruh, Ketua Rt, RW, DKM, Kepala Dusun dan Pengurus BPD serta Ketua MUI, Alim Ulama, dan Tokoh masyarakat untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar membersihkan jalan-jalan serta tempat ibadah.

Selanjutnya agar pagar-pagar yang ada di pinggir jalan baik jalan PUK maupun jalan desa atau jalan kampong harus dibersihkan kalau bisa dilabur atau di cat kembali, serta diharuskan memasang Bandir, Umbul-umbul, Kaca-kaca dan sebagainya.

Pemasangan Bandir, Umbul-umbul dan sebagainya dimulai dari sekarang kecuali untuk pemasangan Bendera Merah Putih dimulai pada tanggal 15 Agustus 2005 s/d 21 Agustus 2005.

Himbauan ini harap dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap Peringatan Hari Besar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-60.

Demikian himbauan ini kami buat, dan kami sampaikan. Atas partisipasi dan perhatiannya kami ucapan terima kasih.

Pengunjung