Makalah Laporan Study Tour | Perjalanan dari Masjid - Dufan dan Hasil Kegiatan..!!

Pada postingan kali ini penulis akan memberikan Makalah Laporan Study Tour, yang mana ini biasanya menjadi Tugas pada Anak Sekolah Tingkat Menengah Pertama sampai Menengah Atas kalau mereka sudah melakukan suatu Perjalan Wisata untuk Hiburan atau Penelitian, yang mudah-mudahan bermanfaat buat semuanya khususnya bagi yang sudah bersilaturahmi dan mau membaca tulisan yang ada pada Adin Blog's ini.
LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR
Pada tanggal 11 Febuary 2013 Sma negrei 8 Tasikmalaya mengadakan kegiatan study tour ke Jakarta.
Kegiatan ini di ikuti oleh semua siwa siwi kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya dan latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah merupakan program tahunan yang diadakan sekolah guna mengembangkan wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang lebih luas juga sarana untuk belajar sambil bermain dan arena rekreasi.
Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut
  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa Menambah dan
  2. meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nila-inilai religious sejarah,teknologi,dan ilmu pengetahuan
  3. Meningkatkan aspresiasi dan kreasi siswa
  4. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa dan
  5. Memberikan pengalaman baru bagi para siswa
Adapun tempat wisata
1. Mesjid Istiqlal
2. Monas (Mounument Nasional)
3. Planetarium
4. Museum Fatahillah
5. GSA (Gelanggang Samudra Ancol)
6. Dufa 7. ITC Cempaka Mas
PERJALANAN DAN HASIL KEGIATAN
A. Persiapan
Tepat pukul 20.00,WIB seluruh siswa dan guru pendamping diwajibkan sudah berkumpul di sekitar kampus SMA Negeri 8 Tasikmalaya,sebelum berangkat ada sedikit pengarahan dariwakasek kesiswaan dan sambil persiapan menunggu siswa yang belum dating.tepat Pukul 21,00 seluruh rombongan berangkat dari tasikmalaya menuju Jakarta,kami tidak lupa berdoa agar di perjalanan selamat,di perjalanan kami juga mengisi waktu luang dengan mendengarkan music,karokean di bis,pinjam meminjam handphone,ataupun memakan makanan yang kami bawa dari rumah,kami sangat menikmati perjalanan karena di sepanjang jalan dapat melihat pemandangan kota yang di lewati pada keadaan gemerlap sinar cahaya lampu malam hari.Sepanjang perjalanan bus yang kami tumpangi sesekali berhenti untuk beristirahat sejenak di daerah Nagrek kab bandung,.Perjalanan masih panjang setelah bus melanjutkan perjalanan kami semua tertidur pulas di bus tak terasa tepat Pukul 04.00 kami tiba di Jakarta ,tujuan pertama kami tadinya di mesjid at tawanu di daerah kawasan puncak bogor untuk beristirahat dan menunaikan shalat shubuh ,tetapi di karenakan keberangkatan kami terlambat dan waktunya tidak memungkinkan untuk sampai disana ,akhirnya pertama singgah di alihkan ke mesjid Istiqlal Jakarta pusat.
1. Masjid Istiqlal
Semua rombongan masuk ke kawasan masjid istiqlal, disini kami beristirahat,mandi makan dan menuaikan shalat shubuh. Setelah itu ada juga yang berjalan-jalan di kawasan masjid melihat pemandangan dan keindahan serta kemegahan masjid ini . Masjid istiqlal ini adalah masjid utama di Jakarta,dibangun pada pemerintahan Presiden Soekarno dan merupaka masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara,masjid istiqlaL ini berada di jalan veterab Jakarta pusat dekat dengan monas dan gereja katerdal.Pukul 08.00,rombongan pergi meninggalkan Masjid istiqlal untuk menuju ke monas
2. Monas (Mounument Nasional)
Monas merupakan ikon kota jakarta dengan sejarahnya yang panjang dan menara yang tinggi,sebelum rombongan memasuki monas,di beri pengarahan dulu oleh guru dan pemandu wisata untuk tata tertib dan peraturan selama berada di wilayah ini .setelah itu semua rombongan berbondong-bondong bebarengan memasuki kawasan monas,dari atas puncak monas terlihat gedung-gedung,rumah, perkantoran dan lainnya,puncaknya sangat tinggi sekali di sana ada teropong yang bias melihat keadaan di bawah dengan dekat,disana juga kami berfoto-foto dan melihat pemandangan kota Jakarta yang indah di atas ketinggian
3. Planetarium
Tujuan selanjutnya ke planetarium,di sini kami berisitahat dan shalat dzuhur,setelah itu di planetarium kami hanya memasuki ruangan yang tertutup di ruangan tertutyp itu di tanyangkan berbagai macam macam planet di tata surya,filmnya sangat nyata sekali di tampilkan juga berbagai macam macam bintang yang ada di langit yang nyata tapi hanya sebagai film ,disana kita bisa mempelajari gerak arah bumi,rotasi dan revolusi bumi dan sebagainnya,.di planetarium kami berada sampai pukul 03.30 sore,Tujuan wisata selanjutnya lagi yaitu ke museum fatahillah,tapi,sayangnya dikarenakan waktunya yang tidak memungkinkan dan keadaan kota Jakarta yang macet serta pukul 04.00 museumnya tutup sayangnya ke tempat tersebut di batalkan,dilanjutkan kami langsung ke penginapan,yaitu ke penginapan asrama haji di jalan veteran daerah bekasi selatan untuk check in,disini kami berisistirahan santai,mandi,juga , malammnya prasmanan dan hiburan.,setelah sudah menjelang subuh kami,sholat dan mandi lalu Pukul 06.00 WIB siswa dan guru pendamping sarapan di penginapan selanjutnya rombongan pergi menuju GSA (Gelanggang Samudra Ancol).
4. GSA (Glanggang Samudra Ancol)
Pukul 07.30 kami check out dari tempat penginapan dan melanjutkan perjalanan ke
GSA,(Ancol)di tengah perjalanan menuju ancol kami puas melihat pemandangan kota Jakarta terlihat banyak gedung gedung yang menjulangng tinggi ,kota yang sangat luas,tapi saying kemacetan di Jakarta sangat parah ,kendaraan sangat banyak sekali menumpuk di jalan jalan serta kemacetanynya bisa berjam jam ,di Jakarta juga panasnya luar biasa sangat sangat sekali panas mungkin karena di Jakarta banyaknya bangunan aspal dan beton serta kurangnya tumbuhan hijau dan lebih parahnya lagi di perjalanan kami melihat tumbukan sampah di berbagai penjuru Jakararta terutama sungai ,ada banyak juga orang orang pinggiran di jaklarta yang membangun rumah yang tidak rapi yaitu di dekat pinggiran rel dan pinggiran sungai yang membuat kota Jakarta tidak tersusun rapi,maklum,mungkin karena Jakarta atdalah ibukota jadi perekonomian dan pertumbuhan penduduknya tidak merata.Tidaklama kami di perjalanan ,tepat pukul 09.00 kami tiba di tempat tujuan,GSA,(Glanggang Samudra Ancol)sebelum masuki tentunya kami diberi dulu tiket untuk masuk dan berbaris,sebelum masuk saya dan teman teman berfoto foto dulu dengan semua teman sekelas serta dengan wali kelas kami juga,setelah kami memasuki kawasan tersebut pertama tempat yang dikunjungi yaitu pertunjukan satwa,yaitu diperlihatkannya hewan hewan satwa yang langka dan juga jinak,diantaranya yaitu hewan pertama yang di tampilkan adalah 2 musang yang telah jinak,musang tersebut memperlihatkan antraksinya yang di damping oleh pelatihnya,selanjutnya masih banyak lagi hewan-hewan langka dan jinak serta di tampilkan antraksi dan kecerdikan mereka serta kejinakannya yang di perintah oleh pelati-pelatihnya,setelah selesai dari sana lalu masuk lagi ke pertunjukan terakhir yaitu pertunjukan sirkus anjing laut ,setelah masuk ke tempat sirkus tersebut di perlihatkan anjing laut yang pintar juga melakukan antraksi yang sangat bagus yang di latih atau di pandu oleh pelatih-pelatinnya ,ditempat tersebut juga selain di tampilkannya anjing laut yang pintar juga yang kocaknya adalah ditampilkan 3 ekor burung yang bisa bergoyang yang membuat semua penonton senang dan tertawa serta terhibur.
5. DUFAN (Dunia Fantasi) Ancol
Setelah dari gsa kami melanjutkan lagi ke tempat selanjutnya yaitu ke Dufan yang berada tidak jauh dari gsa yaitu di sebelahnya ,kami langsung beranjak pergi kesana ,setelah sampai ternyata menuju tempat masih jauh dari parkiran kami harus melewati dulu padang golf,danau serta taman yang indah dan asri dengan berjalan kaki.Tidak lama berjalan kaki kita sampailah di pintu gerbang dufan,sebelum masuk tentunya harus ngantri dulu,setelah semua bergilir masuk saya melihat banyak sekali macam-macam permainan wahana yang sedang ,biasa-biasa dan ekstrim wahana yang mengerikan,.di dufan wahana yang pertama kali saya naiki adalah wahana hysteria ,wahananya sangat menakutkan karena manusia dilontarkan ke langit dengan kecepatan yang penuh dan diturunkan ke bawah lagi dengan kecepatan cepat,mulannya saya sangat takut menaiki wahana tersebut,tetapi teman saya mengajak untuk menaiki wahana tersebut akhirnya saya mau walau di paksa-paksa karena takut,setelah giliran saya dimulai di lontarkan ke atas jantung saya smpe deg-degan karena panic dan takut saat saya naik histeria, perasaan saya sangat takut campur senang. Perasaan yang saya rasakan pada waktu itu, seolah-olah saya dilempar dan dijatuhkan dari gedung tinggi, namun dibalik ketakutan tersebut, saya merasa bahagia karena ssaya dapat melihat kota jakarta dari atas. Permainan tersebut adalah permainan extream pertama yang pernah saya naiki). tetapi setelah usai wahana permainan tersebut hati saya sangat lega serasa ingin menaikinya lagi,setelah menaiki wahana tesebut saya dan teman-teman makan siang dulu bersama karena masih banyak lagi permainan yang ingin kami coba.
Selanjutnya wahana yang di coba yaitu halilintar ,permainan ini juga cukup ekstream sangat menengangkan,di dufan sangat luas sekali dan wahana dan permainan-permainannya sangat banyak sekali saya hanya menaiki 5-6 wahana permainan karena waktu tidak akan cukup,pukul 04.00 kami harus segera meninggalkan terpat tersebut untuk pulang ke tasik,sayangnya bermain seharian tidak terasa selanjutnya kami harus pulang
6. ITC Cempaka Mas
Selanjutnya sebelum pulang menuju taikmalaya kami pergi ke pusat perbelanjaan di Jakarta ,pukul 18.30 rombongan sampai di ITC Cempaka Mas.ITC Cempaka Mas merupakan obyek wisata pusat perbelanjaan/mall terbesar di Jakarta, disini kami membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari yang disajikan secara lengkap dan menarik namun,karena barang-barang yang di jual disini mahal-mahal. Jadi banyak siswa yang hanya sekedar melihat-lihat saja. Kami hanya diberi waktu sampai pukul 21.00 ,namun waktuny terulur sehingga pukul 21 40 ,dan akirnya rombongan langsung pergi da meninggalkan lokasi menuju tasikmalaya.
Syukur alhamdulilah usai sudah perjalanan study tour pekan ini dan kami sangat gembiran juga perjalanan ini sangat mengesankan sekali dan alhamdulilah tidak terasa tepatnya pukul 04.00 pagi kami tiba di tasikmalaya dengan sehat dan selamat.
PENUTUP
Perjalanan ini memang benar-benar melelahkan. Namun di balik itu semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak pernah terlupakan selama hidup kami yaitu di saat saya dan teman-teman selama bersama bernyanyi bercanda bersama,makan dan bersenang-senang bersama serta tertawa bersama saya rekam dalam memory otak kenangan disaat yang tenang ,disaat suasana indah bersama teman-teman di dalam kebersamaan ,itulah cerita yang tidak akan pernah saya lupakan. Mungkin study tour ini tidak berjalan dengan apa yang direncanakan karena banyak waktu yang ngaret dan ada satu lokasi yang di lewat,tapi kami memaklumi ,saya berharap semoga kedepannya bisa lebih lancer dan semoga SMA Negeri 8 Tasikmalaya bisa sukses.is the best.