Makalah Laporan Miskonsepsi IPA di SD | Miskonsepsi Pada Hewan | Miskonsepsi Pada Manusia..!!



Pada postingan kali ini penulis akan membahas Makalah Laporan Miskonsepsi IPA di Sekolah Dasar yang mana ini masih tergolong kedalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPA, yaitu 1) Miskonsepsi Pada Hewan 2) Miskonsepsi Pada Manusia, yang mudah-mudahan bermanfaat buat semuanya khususnya yang sudah mampir silaturahmi dan mau membaca artikel yang ada di Adin Blog's ini.

1.  Miskonsepsi Pada Hewan

Konsep Yang Salah
Konsep Yang benar

Hewan yang hidup di air bernapas dengan insang
Tidak semua hewan yang hidup di air bernapas dengan insang contohnya saja Lumba-lumba, paus. Bernapas yang memerlukan insang jika hewan itu mengambil oksigen dari air. Namun tidak dengan lumba-lumba dan paus, hewan ini mengambil oksigen dari udara dan bernapas menggunakan paru-paru.

Tubuh kucing ditutupi oleh bulu.
Pada permukaan kulit terdapat beberapa bentuk modifikasi dari kulit, yaitu bulu, rambut, tracak (cakar), telapok (pada kuda dan sapi), dan kuku (pada manusia dan primata). Rambut biasanya tumbuh memanjang dan hanya dijumpai pada hewan menyusui, sedang bulu melebar, dijumpai pada bangsa burung.

Perkembangbiakan generatif adalah perkembang-biakan menggunakan sel kelamin
Ciri perkembangbiakan generatif adalah  perbanyakan individu yang didahului oleh  oleh adanya peleburan dua sel yang sesuai. Bila tidak ada peleburan meskipun menggunakan sel kelamin bukanlah perkembangbiakan generatif. Jadi Parthenogenesis adalah perkembangbiakan vegetatif, karena hanya menggunakan sel telur yang tanpa dibuahi tumbuh menjadi individu dewasa.

Herbivor sama dengan herbivora
Kalau kita konsisten, maka kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Herbivor adalah nama konsep untuk makhluk hidup yang bersifat sebagai pemakan tumbuhan (konsumen tingkat II), sedangkan herbivora adalah nama taksonomi yang diberikan kepada kelompok hewan menyusui pemakan tumbuhan. Jadi setiap herbivora sudah pasti herbivor tapi tidak setiap herbivor dapat dikategorikan sebagai herbivora. Contoh belalang adalah herbivor yang bukan herbivora karena belalang bukan Mammalia. Tapi kudfa adalah herbivora sekaligus dia bersifat sebagai herbivor. Demikian pula untuk konsep karnivor dengan karnivora dan omnivor dengan omnivora.

 2.  Miskonsepsi Pada Manusia
Konsep Yang Salah
Konsep Yang benar
Di dalam mulut hanya terjadi pencernaan secara mekanik
Kenyataanya adalah di dalam mulut terjadi pencernaan secara mekanik dan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanik dilakukan oleh gigi dengan cara memotong, mengunyah,atau menggigit makanan. Pencernaan secara kimiawi dilakukan oleh air ludah. Air ludah ini dihasilkan oleh kelenjar air ludah. Air ludah akan menguraikan zat tepung menjadi zat gula yang ada di dalam makanan.
Organ yang menyusun sistem pernapasan pada manusia : hidung, laring, pharing, trachea, bronchus, dan paru-paru
pharing adalah pangkal oesophagus atau kerongkongan, sedangkan laring adalah pangkal trachea atau tenggorokan. Dengan demikian pharing bukan termasuk sistem pernapasan tetapi termasuk sistem pencernaan makanan. Sehingga yang termasuk sistem pernapasan manusia adalah hidung, laring, trachea, bronchus, dan paru-paru. Siswa menjawab “pharing” termasuk dalam organ pernapasan karena mereka beranggapan bahwa pharing merupakan daerah pertemuan antara sistem pernapasan dan sistem pencernaan. Seharusnya daerah pertemuan antara sistem pernapasan dan sistem pencernaan disebut dengan laringopharing.
Ciri makhluk hidup adalah makan
Ciri makhluk hidup adalah perlu makanan. Semua makhluk hidup memerlukan makanan termasuk tumbuhan, hanya saja cara pemenuhannya berbeda. Hewan dan jamur dilakukan melalui proses makan, tetapi tumbuhan dilakukan dengan cara membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya.
Pernapasan anaerob adalah pernapasan yang tidak memerlukan oksigen.
Definisi tersebut kurang tepat, karena pada hakikatnya tidak ada proses pernapasan yang tidak membutuhkan oksigen. Hanya saja sumber oksigen yang digunakan berbeda. Oksigen bisa berasal dari udara bebas, oksigen yang terdapat di dalam molekul lain, atau oksigen yang berasal dari molekul itu sendiri. Dari sini kita mengenal dua macam pernapasan yaitu antar molekul dan intramolekuler. Pernapasan antar molekul bila oksigen berasal dari molekul lain.
Usus buntu sama dengan umbai cacing.
Pada usus buntu terdapat umbai cacing, yang merupakan lanjutan dari taenia coli.


Pembahasan Artikel Terkait :

Pengunjung