Makalah Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan | Pendahuluan | Pengertian Paradigma...!!

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Negara republik Indonesia mempunyai nilai filosofis ideologis dan konstitusional sebagai asas normatif fundamental serta sumber motivasi dan cita-cita nasional. Nilai fundamental adalah pandangan hidup bansa dan filsafat negara yang tertuang dalam pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang kemudian nilai tersebut yang kita kenal dengan pancasila. Pancasila pada hakekatnya menjamin kesatuan bangsa, kemerdekaan dan kedaulatan nasional. Pancasila juga mengakui dan menjamin kebhinekaan kita sebagai rakyat indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus melaksanakan pembangunan nasional sebagai upaya berkelanjutan mencapai tujuan nasional negara Republik Indonesia.
Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Tujuan nasional sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di wujudkan melalui pelaksanaan penyelenggaran negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penyelenggaran negara dilaksanakan melalui pembangunan nasional dalam segala aspek kehidupan bangsa oleh penyelenggara negara bersama segenap rakyat Indonesia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari paradigma ?
2. Apa pengertian paradigma pembangunan?
3. Mengapa pancasila sebagai paradigma pembangunan?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian paradigma.
2. Untuk mengetahui paradigma pembangunan.
3. Untuk mengetahui alasan pancasila sebagai paradigma pembangunan.
D. Manfaat
1. Dapat mengetahui pengertian paradigm.
2. Dapat mengetahui paradigma pembangunan.
3. Dapat mengetahui alasan pancasila sebagai paradigma pembangunan.

E. Metode Penulisan
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tinjauan pustaka.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Paradigma
Paradigma dalam disiplin intelektual adalah cara pandan orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir, bersikap dan bertingkah laku. Paradigma juga dapat berarti seperagkat asumsi, konsep, nilai dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama.
Ada beberapa ahli yang mengungkapkan pengertian tentang paradigma, diantaranya :
  1. Thomas Kuhn, paradigm adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan sumsi-asumsi teoritis yang umum, sehingga merupakan suatu sumber hokum-hukum, metode, serta penerapan dalam ilmu pengetahuan, sehingga sagat menentukan sifat, ciri serta karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.
  2. Friedrich, paradigma adalah suatu pandangan yang mendasar dari suatu disiplin ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari.
  3. George Ritzer, paradigma adalah pandangan yang mendasar dari para ilmuan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestina dipelajari oleh salah satu cabang atau disiplin ilmu pengetahuan.
Norman K Denzin membagi paradigm kepada tiga elemen yaitu; epistemologi, ontologi, dan metodologi. Episemologi mempertanyakan tentang bagaimana cara kita mengetahui sesuatu, dan apa hubungannya antara penelitian dan pengetahuan. Ontology berkitan dengan pertanyaan dasar tentang hakikat realitas. Sedangkan metodologi memfokuskan pada bagaimana cara kita memperoleh pengetahuan. Dari definisi dan muatan paradigma ini, Zamroni mengungkapkan tentang posisi paradigma sebagai alat bantu bagi ilmuwan untuk merumuskan berbagai hal yang berkaitan dengan:
1. apa yang harus dipelajari,
2. persoalan-persoalan apa yang harus dijawab,
3. bagaimana metode untuk menjawabnya, dan
4. aturan-aturan apa yang harus diikuti dalam menginterpretasikan informasi yang diperoleh.

Artikel Pembahasan Terkait :
Makalah Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan | Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan | Kesimpulan

Pengunjung