Contoh Laporan Observasi | Penyimpangan Perilaku Anak Usia Dini di TK Raihan | Tugas UAS | 1..!!

Sahabat Adin Blog yang berbahagia. kali ini penulis akan memberikan Contoh Laporan Observasi Penyimpangan Perilaku Anak Usia Didi di Sekolah TK yang mana surat ini merupakan salah satu tugas Makalah Pendidikan, ketika menjelang UAS (Ujian Akhir Semester) makalah ini banyak dicari oleh mahasiswa karena memang tugas yang satu ini selalu ada. 
Untuk lebih detailnya mengenai Makalah Pendidikan dan apa saja yang dibahas didalamnya untuk itu 
Mari kita simak pembahasan tuntasnya dibawah ini :


LAPORAN OBSERVASI
Penyimpangan Perilaku Anak Usia Dini di TK Raihan

A. Latar Belakang
Dalam perkembangan zaman ke zaman, kehidupan dibumi ini mengalami perubahan yang signifikasi, bahkan terjadi perubahan moral dan sosial budaya yang cenderung kepada pola-pola perilaku menyimpang.
Perilaku menyimpang ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali, dan kita pun sering kali menemukan perilaku-perilaku yang menyimpang atau bertentangan dengan masyarakat mulai dari perilaku anak-anak yang menyimpang, perilaku anak remaja yang menyimpang dan bahkan orang tua pun ada yang memiliki perilaku menyimpang. Dampak yang paling berpengaruh yaitu kepada perkembangan anak-anak yang meniru kelakuan orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga belakangan ini banyak terjadi kasus-kasus yang terjadi di kalangan anak-anak. Kasus terkecil yang terjadi di kalangan anak-anak berupa ejekan kepada teman-temannya sampai teman yang diejek menangis. Dari kasus kecil tersebut akan mendorong sifat premanisme yang akan terbawa hingga dewasa. Beberapa masalah tersebut disebut sebagai penyimpangan perilaku.
Penyimpangan perilaku adalah suatu persoalan yang harus menjadi kepedulian guru bukan semata-mata perilaku itu mengganggu proses pembelajaran, melainkan suatu bentuk perilaku yang menimbulkan kesulitan dalam bekerja sama dengan teman. Guru perlu memahami perilaku bermasalah ini sebab anak yang bermasalah biasanya tampak di dalam kelas dan bahkan dia menampakkan perilaku bermasalah itu di berbagai interaksi lingkungannya

B. Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan penyimpang perilaku anak usia dini?
  2. Bagaimana ciri-ciri perilaku penyimpang?
  3. Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan?
  4. Bagaimana jenis-jenis penyimpangan perilaku?
  5. Bagaimana latar belakang anak yang mengalami perilaku menyimpang?
  6. Bagaimana solusi untuk menangani anak yang mengalami penyimpangan perkembangan?
C. Tujuan Penulisan
  1. Untuk mengetahui pengertian penyimpangan perilaku anak usia dini.
  2. Untuk mengetahui ciri-ciri perilaku menyimpangan.
  3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan.
  4. Untuk mengetahui jenis-jenis penyimpangan perilaku.
  5. Untuk mengetahui latar belakang anak yang mengalami perilaku yang menyimpang.
  6. Untuk mengetahui solusi menangani anak yang mangalami penyimpangan

D. Manfaat Penulisan
Laporan ini juga bermanfaat bagi penulis, karena:
  1. Memberikan kesempatan kepada penulis untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang dihadapi oleh Anak Usia Dini.
  2. Melatih penulis dalam membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
  3. Memberikan kesempatan kepada penulis untuk lebih mengenal calon anak didiknya dalam berbagai aspek yang ada dalam diri mereka dan masalah yang mereka hadapi, khususnya anak yang melakukan penyimpangan perilaku.
  4. Sebagai pedoman untuk pembelajaran.
  5. Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan anak atau siswa.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
  1. Mengetahui akan masalah yang dihadapi seorang siswa yang mungkin kita tidak menyadarinya.
  2. Lebih mendekatkan pembaca khususnya orang tua dengan anaknya, dengan memberikan perhatian, kesempatan dan motivasi bagi mereka.
  3. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi oleh siswa.
PEMBAHASAN

A. Pengertian Penyimpangan Perilaku pada Anak Usia Dini
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, Perilaku Menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.
Perilaku adalah tindakan atau perbuatan yang merupakan tanggapan atau reaksi individu terhadap suatu rangsangan di lingkungan sekitar. Sehingga perilaku menyimpang adalah perbuatan yang mengabaikan norma yang terjadi apabila kelompok atau individu tidak mematuhi patokan-patokan dalam masyarakat.(randipratama http://randipratama1.blogspot.com: 2011)
Sedangkan Hefri Asra Omika mengatakan bahwa perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma dalam masyarakat. (hefri asra mhttp://infosos.wordpress.com/kelas-x/perilaku-menyimpang: 2012)
Jadi kesimpulannya adalah penyimpangan perilaku anak usia dini adalah suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar keluar dari norma-norma masyarakat.

B. Ciri-ciri Perilaku Menyimpang
  1. Menurut Paul B. Harton penyimpangan memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Penyimpangan harus dapat didefinisikan, artinya penilaian menyimpang tidaknya suatu perilaku harus berdasar kriteria tertentu dan diketahui penyebabnya.
  2. Penyimpangan bisa diterima bisa juga ditolak.
  3. Penyimpangan relatif dan penyimpangan mutlak, artinya perbedaannya ditentukan oleh frekuensi dan kadar penyimpangan.
  4. Penyimpangan terhadap budaya nyata ataukah budaya ideal, artinya budaya ideal adalah segenap peraturan hukum yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat. Antara budaya nyata dengan budaya ideal selalu terjadi kesenjangan.
  5. Terdapat norma-norma penghindaran dalam penyimpangan. Norma penghindaran adalah pola perbuatan yang dilakukan orang untuk memenuhi keinginan mereka, tanpa harus menentang nilai-nilai tata kelakuan secara terbuka.
  6. Penyimpangan sosial bersifat adaptif, artinya perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.
(hefri asra mhttp://infosos.wordpress.com/kelas-x/perilaku-menyimpang: 2012)

Pengunjung