Tugas Kimia | Klinik Pemeriksaan GGT | Gamma Glutamil Transferase..!!

Pada postingan kali ini penulis akan membahas sebuah contoh dari sebagian tugas kuliah mata kuliah kimia yaitu pemeriksaan GGT (Gamma Glutamil Transferase, yang mudah-mudah bisa menjadi referensi ide buat anda yang berkepentingan dengan masalah itu yaitu khususnya yang sudah silaturahmi ke Adin Blog ini.

Oleh: Rai Nurul Fathimah
Kelas: Farmasi 4A

Gamma Glutamil Transferase (GGT)
Gamma-glutamil transferase (gamma-glutamyl transferase, GGT) adalah enzim yang ditemukan terutama di hati dan ginjal, sementara dalam jumlah yang rendah ditemukan dalam limpa, kelenjar prostat dan otot jantung. Gamma-GT merupakan uji yang sensitif untuk mendeteksi beragam jenis penyakit parenkim hati. Kebanyakan dari penyakit hepatoseluler dan hepatobiliar meningkatkan GGT dalam serum. Kadarnya dalam serum akan meningkat lebih awal dan tetap akan meningkat selama kerusakan sel tetap berlangsung.

GGT adalah salah satu enzim mikrosomal yang bertambah banyak pada pemakai alkohol, barbiturat, fenitoin dan beberapa obat lain tertentu. Alkohol bukan saja merangsang mikrosoma memproduksi lebih banyak enzim, tetapi juga menyebabkan kerusakan hati, meskipun status gizi peminum itu baik. Kadar GGT yang tinggi terjadi setelah 12-24 jam bagi orang yang minum alkohol dalam jumlah yang banyak, dan mungkin akan tetap meningkat selama 2-3 minggu setelah asupan alkohol dihentikan. Tes gamma-GT dipandang lebih sensitif daripada tes fosfatase alkalis (alkaline phosphatase, ALP).

DAFTAR PUSTAKA
Riswanto;2009,tes kimia darah gamma glutamil transferase (GGT), on Friday, desember 25.

Pengunjung