Khutbah Jumat | Fungsi Agama Untuk Mempertahankan atau Mengembalikan Fitrah Manusia

Fungsi Agama diantaranya Untuk Mempertahankan atau Mengembalikan Fitrah Manusia 
(Yang Besih Dari Dosa dari Pertama Dilahirkan)

Oleh: Didin Nuryadin (Adin)

Bismillahirahmaanirahiim. alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadiinilhaq liyudhirahu ala dinikullihi wakapa billahi syahiida. asyhadu alla ilaaha ilallah wa asyhadu anna muhammadar rasusullah, ama ba'du ikhwatu ieman sidang jumat yang dimuliakan oleh Allah SWT, pertama-tama mari kita panjatkan puja serta puji kehadirat Allah Yang  Maha Tinggi karena izin-Nyalah kita semua masih bisa menegakkan syariat Islam melaksanakan ibadah yang diwajibkan oleh Allah melalui utusannya Muhammad Rasulullah SAW. yang mudah-mudahan ibadah yang sedang kita laksanakan ini menjadi 'amalan mutaqobalan' yang pasti akan menambah pundi amal kebaikan kita dan menjadi kiparat atas dosa yang telah kita lakukan serta mudah-mudahan pengorbanan waktu atau apapun bentuknya hingga ibadah ini bisa kita laksanakan pengorbanan kita itu menjadikan kita tergolong menjadi manusia yang bersyukur. amin ya Robal Alamin.

Ikhwatu ieman sidang jumat yang dimuliakan oleh Allah SWT., fungsi agama diturunkan oleh Allah kepada manusia diantaranya adalah untuk mempertahankan dan mengembalikan fitrah manusia, sebagai mana kita tahu arti kata fitrah dari sebuah dalil yang menjelaskan bayi yang baru lahir yaitu "kullu mauluudin yuuladu alal fitrah" yang artinya setiap anak yang terlahir kedunia adalah dalam keadaan fitrah atau suci, dan agama dengan manusia adalah fitrah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan sebagai contoh fitrahnya ikan itu kan hidup diair kalau kita mencoba ikan supaya dia hidup didarat maka dia akan tersiksa dan binasa, atau kita misalnya mempunyai sebuah aquarium yang sangat bagus coraknya terus kita mempunyai pikiran karena melihat corak tersebut cocok dan serasi dengan burung kenari misalnya lantas kita mau memasukkan burung kenari itu di aquarium maka yang akan terjadi siburung kenari itu tidak akan menghiasi atau mempercantik aquarium tapi malah akan mengotori aquarium tersebut karena burung kenari itu akan menjadi bangkai. mengapa itu bisa terjadi karena itu melawan fitrahnya burung yang hidup di darat diudara. maka manusia pun fitrahnya itu beragama maka bila tidak beragama maka manusia akan celaka, mengalami kerugian menuju kepada kebinasaan.
  keterangan selanjutnya adalah "fa abawaahu ayuhawidanihi ao yunashiranihi ao yumajisanihi." maka orang tua nyalah yang akan menjadikan anak itu yahudi, nashrani atau majusi.maka fitrah disini adalah suci bersih dari dosa.

Tunggu Lanjutannya Ya..?!
 

Pengunjung