Contoh Penulisan Latar Belakang Skripsi Yang Baik dan Benar..!!

Adin blog. point latar belakang masalah dalam pembuatan skripsi termasuk salah satu point yang sangat penting, karena diantaranya adalah untuk mencapai satu tujuan kita bertindak tentu harus tahu dulu apa yang melatar belakanginya, dengan tahu latar belakangnya maka kita pun akan mendapatkan beberapa point misalnya mengetahui medan, mengetahui tujuan dan mengetahui apa yang harus kita lakukan.
Dibawah ini adalah salah satu contoh sederhana dalam pembuatan Latar Belakang Masalah pada skripsi PTK :

Latar Belakang
    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

    Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke beberapa arah berukut ini :
1.    Pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar)
2.    Kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual)
3.    Sosioemosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, yang disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini

Menurut UU PA, anak mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang, bermain, beristirahat, berkreasi dan belajar dalam suatu pendidikan. Jadi, belajar adalah hak anak, bukan kewajiban. Orang tua dan pemerintah wajib menyediaakan sarana dan prasarana pendidikan untuk anak dalam rangka program belajar.
Karena belajar adalah hak, maka belajar harus menyenangkan, kondusif dan memungkinkan anak menjadi termotivasi dan antusias. Jadi, memaksa anak untuk belajar, sehingga anak merasa tertekan, atau membiarkan anak tidak mendapat pendidikan yang layak adalah tindak kekerasaan.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu sebagai berikut :
1.    Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
2.    Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Hal-hal yang diperlukan untuk pembelajaran anak usia dini, tidak seperti untuk anak usia Sekolah Dasar. Akan tetapi, hal yang diperlukan disini adalah pemberian stimulasi / rangsangan. Pemberian stimulasi yang paling efektif dalam usia dini adalah olahraga otak secara ringan. Dalam usia ini pula peran ibi sangat menentukan kecerdasan anak. Stimulasi / rangsangan hendaknya diberikan secara komplekstapi ringan, mulai dari stimulasi bahasa, hingga stimulasi gerakan dan sentuhan.

Proses pembelajaran di PAUD biasanya menggunakan media-media yang menunjang untuk keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu media yang sering digunakan adalah media kartu, banyak sekali jenis-jenis dari media kartu dan salah satunya adalah media kartu bergambar. Media kartu bergambar adalah alat bantu berbentuk kartu terbuat dari kertas tebal yang berisikan gambar-gambar yang dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan  dan bahan pembelajaran yang telah dirancang guru untuk siswanya. Dengan menggunakan media kartu bergambar maka hasil dari proses pembelajaran diharapkan dapat menambah kemampuan bidang pengembangan bahasa anak.

Di Taman Kanak-Kanak PGRI Bapemdik Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya proses pembelajarannya masih jarang menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah dan pemberian tugas saja, sehingga membuat anak lebih cepat jenuh dan bosan. Dari pengamatn tersebut peneliti terdorong untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “ Upaya Peningkatan Pengembangan Bahasa Melalui Media Kartu Bergambar di TK PGRI Bapemdik Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya “

Pengunjung