Motif Sosial

Motif adalah dorongan yang sudah terikat pada suatu tujuan. Misalnya apabila seseorang merasa lapar, itu berarti ia membutuhkan makanan. Motif menunjukan hubungan sistematik antara suatu respon atau suatu himpunan respon dengan keadaan dorongan tertentu.

Gerungan (1966)
     Motif itu merupakan suatu pengertian yang melengkapi semua penggerak alasan-alasan atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.
Lindzey, Hll and Thompson (1975)
     Motif adalah sesuatu yang menimbulkan tingkah laku
Atkinson (1958) 
     Motif sebagai suatu difosisi laten yang berusaha dengan kuat untuk menunjuk ke tujuan tertentu, tujuan ini dapat berupa prestasi, aflisiasi ataupun kekuasaan.

Definisi motif sosial 
Lindgren (1969)
     Motif sosial adalah motif yang dipelajari melalui kontak dengan orang lain, dan  lingkungan individu memegang peranan yang penting
Barkowiz ((1969) 
     Motif sosial adalah yang mendasari aktivitas individu dalam mereaksi terhadap orang lain
Max Crimon dan Messick (1976) 
     Menyatakan bahwa seseorang dikatakan menunjukan motif sosial, jika ia dalam membuat pilihan memperhitungkan akibatnya bagi orang lain.
Dapat didefinisikan bahwa motif sosial adalah motif yang timbul untuk memenuhi kebutuhan individu dalam hubungannya dengan lingkungan sosialnya.
Apa sebabnya individu berbuat sesuatu? Individu ada yang menggerakan yaitu motif. Apa sebabnya dalam individu timbul motif? Motif timbul karena adanya kebutuhan/ need
Kebutuhan (need) dapat dipandang sebagai kekuarangan adanya sesuatu, hal ini menuntut segera pemenuhannya untuk segera mendapatkan keseimbangan. Situasi kekuarangan ini berfungsi sebagai kekuatan atau dorongan untuk memenuhi kebutuhan

Kebutuhan/need      motif   perilaku

1. Makan                     1. Lapar               1. Makan
2. Oksigen                   2. Sesak nafas     2. Bernafas
3. Air                            3. Haus                3. Minum

Motif dan kebutuhan mempunyai hubungan kausal, sesuai dengan jenis kebutuhannya sheriff membedakan motif atas
Biogenetic motive (primer)
      Motif yang berasal dari kebutuhan biologis makhluk hidup. Motif ini terdapat dalam lingkungan internal, dan tidak banyak tergantung pada lingkungan di luar dari diri individu itu. Motif ini berkembang dengan sendirinya.
Sosiogenetic motive (sekunder)
      Motiv ini timbul didalam diri individu dalam hubungannya dengan lingkungan sosial. Timbulnya motif ini karena interaksi dengan orang lain. Namun motive sosiogenetis bukan merupakan motive yang sepenuhnya ditentukan oleh lingkungan tetapi perpaduan antara lingkungan dengan individu.

Motif sosial dan macam macamnya
Merupakan suatu pengertian yang melingkupi semua penggerak,alasan-alasan atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu. Motif manusia dapat bekerja secara sadar dan juga secara tidak sadar bagi diri manusia untuk dapat mengerti dan memahami tingkah laku manusia dengan lebih sempurna, perlu dan memahami terlebih dahulu apa dan bagaimana motif dari tingkah lakunya. 
Dalam mempelajari tingkah laku manusia pada umumnya, harus mengetahui know what, know how dan know why dari tingkah lakunya. Dengan mempelajari motif kita dapat mengetahui mengapa seseorang berbuat sesuatu.
Motif dan drive kadang-kadang digunakan secara bergantian. Drive pada umumnya digunakan untuk menunjukan kebutuhan fisik  atau sering disebut physiological drive sedangkan motif digunakan untuk menunjukan kebutuhan sosial sehingga digunakan istilah motif sosial.

Macam-macam motif
Motif biogenetis 
      Merupakan motif yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan organisme orang demi kelanjutan hidupnya secara biologis. Motif ini bersifat universal dan kurang terikat pada lingkungan kerbudayaan tempat manusia itu berada dan berkembang. Motif biognetis adalah asli di daalam diri manusiadan berkembang dengan sendirinya.
Motif sosiogenetis 
      Adalah motif yang dipelajari dan berasal dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berada dan berkembang. Motif sosiogenetis tidak berkembang dengan sendirinya, tetapi berdasarkan interaksi sosial.
Motif teogenetis 
      Yaitu metif manusia sebagai mahluk yang bertuhan. Motif ini berasal dari interaksi manusia dengan tuhannya seperti dalam melakukan peribadatan.

Cara Memotivasi
1) Memotivasi dengan kekerasan atau motivating by force
    Memotivasi ini biasanya berjalan dengan adanya sanksi atau hukuman, dampaknya adalah orang akan cenderung memiliki sifat ketergantungan dan kurang mampu menimbulkan kesadaran.
2) Memotavasi dengan bujukan atau motivating by etince  
    Berupa memberikan bujukan atau memberikan suatu hadiah, bila orang tersebut mengerjakan sesuatu. Bujukan atau hadiah. 
3) Memotivasi dengan Identifikasi atau motivation by Identivication
     Meotafasi ini merupakan cara terbaik untuk memotifasi orang lain . Dalam  hal ini mereka akan berbuat sesuatu dengan percaya diri

Faktor yang mempengaruhi Motif sosial
Teeven and Smith mengemukakan adanya empat unsure perkembangan motif sosiaal yaitu:
Interaksi ibu dan anak
Interaksi anak dengan seluruh keluarga
Interaksi anak dengan masyarakat luas
Pendidikan formal

La vine (1977) yang  mengemukakan bahwa kebudayaan dalam masyarakat yang berupa kebiasaan-kebiasaan akan mempengaruhi motif sosial. 
Murray  (1964) mengatakan bahwa motif sosial sangat dipengaruhi oleh cara-cara mengasuh anak.  

Pengunjung