Makalah Pendekatan Intruksional | Ringkas..!!

Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang Makalah Pendidikan Mengenai Manajemen Kelas dan Pendekatan Intruksional. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa jenis pendekatan yang harus dikuasai oleh seorang guru. Pendekatan-pendekatan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada guru dalam mengelola kelas terutama pada anak didiknya. Untuk itu dalam pembahasan makalah ini kami akan menjelaskan salah satu pendekatan yaitu pendekatan Instruksional.
PEMBAHASAN
PENDEKATAN INTRUKSIONAL
Pendekatan intruksional adalah pendekatan yang mendasarkan kepada pendi­rian, bahwa pengajaran yang dirancang dan dilaksanakan dengan cermat akan mencegah timbulnya sebagian besar masalah manajemen kelas.
Peran guru adalah merancang pembelajaran dengan teliti atau merencanakan pem­buatan silabus yang relevan, kegiatan belajar disesuaikan dengan kebutuhan dan ke mampuan siswa, sehingga pembelajaran bermakna bagi siswa. Manajerial yang efek­tif adalah hasil perencanaan pengajaran yang bermutu.
Perilaku instruksional mempunyai potensi mencapai dua tujuan utama manajemen kelas, yaitu:
1. Mencegah timbulnya masalah manajerial
2. Memecahkan masalah manajerial kelas
Kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, merupakan faktor utama dalam pencegahan timbulnya masalah manajemen kelas. Sebaliknya kegiatan belajar mengajar yang tidak direncanakan dengan baik, penyebab utama timbulnya masalah manajemen kelas.
Para pengembang pendekatan Instrukdional menyarankan kepada guru untuk mem­perhatikan hal-hal berikut:
1. Menyampaikan kurikulum dan pelajaran vang menarik, relevan dan sesuai se­cara empirik dianggap sebagai penangkal perilaku siswa yang menyimpang
2. Menerapkan kegiatan yang efektif
Kemampuan guru mengatur anus dan tempo kegiatan kelas oleh banyak orang sehingga merycegah siswa melainkan tugasnya. Kegiatan guru yang. ti­dak efektif, misalnya yang bertele-tele, meloncat-loncat, akan mengundang perilaku siswa untuk menyimpang
3. Menyediakan daftar kegiatan rutin kelas adalah kegiatan sehari-hari yang perlu dipahami dan dilakukan oleh siswa. di kelas. lnformasi kegiatan ini disampaikan oleh guru kepada siswa pada awal pertemuan di kelas.
4. Memberikan pengarahan yang jelas adalah kegiatan mengkomunikasikan harapan-harapan yang diinginkan oleh guru. Misalnya melalui intruksi yang jelas, sederhana, ringkas, sistematis dan tepat sasaran
5. Menggunakan dorongan yang bermakna suatu proses dimana guru berusaha menunjukkan minat yang sungguh-sungguh terhadap perilaku siswa yang menunjukkan tanda-tanda kebosanan dan keresahan
6. Memberikan bantuan mengatasi rintangan adalah bentuk pertolongan yang diberikan oleh guru untuk mernbantu siswa menghadapi persoalan yang mematahkan semangat, pada saat mereka benar-benar memerilukan.
7. Merencanakan perubahan lingkungan adalah proses mempersiapkan kelas atau lingkungan menghadapi perubahan-perubahan situasi
8. Mengatur kembali struktur situasi atau mengerjakan tugas dengan cara lain.
Jadi bisa penulis Simpulkan pendekatan Instruksional adalah pendekatan yang mendasarkan kepada pendirian, pokok pengajaran yang dirancang dan dilaksanakan dengan cermat akan mencegah timbulnya sebagian besar masalah manajemen kelas.
Perilaku instruksional mempunyai potensi mencapai dua tujuan utama manajemen kelas yaitu:
1. Mencegah timbulnya masalah manajerial
2. Memecahkan masalah manajerial kelas
Terakhir dari pembahasan yang telah kami sampaikan maka kami berharap sebagai seorang tenaga pengajar atau guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola kelas terutama dengan pendekatan tersebut.

Pengunjung